Kamis, 20 Juni 2019

Berbagai macam manfaat minum air putih

Posted by salsahhh on Kamis, 20 Juni 2019

Manfaat minum Air Putih Untuk kesehatan memang sangat banyak, air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi.dan tidak bisa di gantikan oleh apapun air putih juga  bermanfaat untuk menjaga sistem yang ada di dalam tubuh. Manusia normal perlu minum dua liter air setiap harinya untuk memenuhi cairan di dalam tubuh.
air putih juga merupakan air yang paling gampang kamu dapatkan yang memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaatnya ? yuk langsung saja kita bahas

beberapa manfaat minumair putih yang harus kamu ketahui

1. Baik Untuk Pencernaan

Air berperan untuk menolong sistem pencernaan makanan menjadi lebih baik. Kurangnya mengonsumsi air dapat menyebabkan sembelit. Selain itu air juga membantu makanan yang telah dicerna masuk ke dalam usus.
Kamu dapat minum air putih hangat untuk mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan air hangat dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.

2. Kulit Menjadi Sehat
Mengonsumsi air putih saat perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit yang dapat membuat kulit lebih bersinar. Air juga dapat membantu mengeluarkan racun di tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme
Jika perut kosong diisi dengan air putih, tubuh akan meningkatkan metabolisme kurang lebih 24 persen. Tingkat metabolisme yang meningkat, juga membantu sistem pencernaan yang lebih baik. Hal ini sangat bagus bagi kamu yang sedang menjalani diet agar nutrisi lebih cepat terserap ke dalam tubuh.

4. Menghilangkan Mual Ibu Hamil
Ibu hamil sering merasakan mual pada awal kehamilan. Kamu dapat menggunakan air hangat untuk membantu meredakan rasa mual yang terjadi.

5. Mengeluarkan Toksin di Dalam Tubuh
 selanjutnya yaitu dapat mengeluarkan toksin. Makanan atau minuman yang kamu konsumsi akan menghasilkan toksin. Manfaat minum Air putih dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut serta zat-zat lain yang ada di dalam tubuh. Toksin dan zat lain ini dikeluarkan lewat keringat atau urine dan tubuh dapat terhindar dari penyakit, salah satunya penyakit batu ginjal.

6. Menjaga Kesehatan Mulut
Air putih dapat membantu menjaga mulut tetap bersih. Air dapat membentuk saliva yang membantu mencerna makanan, serta menjaga mulut agar tetap lembab.

7. Menjaga Pertumbuhan Rambut
Dehidrasi dapat merusak pertumbuhan rambut. Dengan minum banyak mengonsumsi air dapat memberikan nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar.
Asupan air yang tidak cukup dapat membuat rambut rapuh dan tipis. Perbanyaklah mengonsumsi air, agar rambut kamu tetap terjaga pertumbuhannya.

8. Meredakan Batuk dan Pilek
Saat batuk dan pilek, kamu akan merasa tidak nyaman di dalam hidung dan juga tenggorokan. Batuk yang berdahak, membuat dahak akan memenuhi tenggorokan. Sementara pada saat pilek, hidung akan tersumbat dengan ingus.

Untuk dapat meredakan keduanya dengan menggunakan air putih hangat. Air hangat berperan sebagai antibiotik alami yang dapat melegakan hidung dan tenggorokan.


9. Mengurangi Rasa Lelah
Tubuh yang merasa lesu dan lelah, bisa jadi disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kelelahan merupakan tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi. Kamu dapat mengatasinya dengan cara minum air putih tiga gelas, kemudian biarkan tubuh beristirahat sesaat.

10. Mencegah Bau Mulut
Salah satu penyebab bau mulut adalah kurangnya minum air. Air bertujuan untuk menyapu partikel makanan di dalam mulut dan mencegah bakteri penyebab bau mulut.
Dengan banyaknya manfaat di atas, tidak ada alasan untuk tidak mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Menjaga kesehatan dengan banyak minum air merupakan cara gampang yang dapat kamu lakukan.
jadi kamu sudah minum berapa gelas hari ini?

Manfaat  Minum Air putih  di Pagi Hari, Ini Manfaat yang Didapat


Saat ini  sudah banyak masyarakat yang  mulai menyadari akan gaya hidup sehat. Kebanyakan dari mereka menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan selagi masih muda. Salah satu kebiasaan sehat yang baik untuk tubuh adalah dengan meminum air putih secara berkala di pagi hari.
Gaya hidup dan kebiasaan ini banyak dilakukan oleh masyarakat di berbagai Negara terutama Jepang baik untuk usia muda maupun tua. untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, dengan meminumnya pada pagi hari secara berkala akan membuat cairan dalam tubuh seimbang, sehingga akan membantu menjaga sistem imun.
1.     membersihkan racun, tentu saja konsumsi air putih di pagi hari dalam perut keadaan kosong dipercaya bisa membersihkan usus dan racun yang terakumulasi. Dengan demikian, penyerapan nutrisi akan lebih cepat dan lebih baik.
2.      membantu program diet, siapa sangka air putih yang biasa diminum jika dilakukan dengan kosumsi yang tepat akan melancarkan sistem metabolisme. Sehingga secara langsung akan membantu menurunkan berat badan secara alami.

 

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Karena  60 persen tubuh kita adalah cairan, minum air sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Orang perlu minum air putih untuk menyiram racun keluar dari tubuh serta mengangkut nutrisi ke sel-sel dan menjaga jaringan hidung, tenggorokan, dan telinga agar tetap lembap. Minum air sepanjang hari sangat ideal, namun minum air putih sebelum tidur punya alasan tersendiri.

Dehidrasi bisa membuat kita merasa lelah dan sulit untuk tidur. Minum air putih sepanjang hari hanya untuk mengisi ulang cairan tubuh yang keluar melalui keringat, buang air kecil, buang air besar, dan pernapasan. Merasa haus adalah pertanda yang menunjukkan bahwa tubuh mengalami  dehidrasi. tetapi jika kalian  merasa haus di malam hari, itu berarti tubuh Anda sedang membutuhkan air, dan itu tidak perlu Anda tunda sampai pagi hari.

Membiasakan minum segelas air putih sebelum tidur bantu menurunkan resiko tubuh untuk dapat terserang berbagai jenis penyakit dan infeksi. Air yang kita minum ini akan bantu mengusir zat racun yang berisiko menjadi jenis penyakit mengendap di dalam tubuh.
Banyak orang yang bekerja hingga malam hari, atau melakukan olahraga di malam hari. Kebutuhan tubuh akan air meningkat selama dan setelah beraktivitas. Minum air setelah latihan bermanfaat untuk rehidrasi dan re-energi. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, minum sebelum tidur membantu program diet Anda. Karena air tidak mengandung kalori maka sangat baik untuk membantu membakar kalori dalam tubuh.

Manfaat minum air putih hangat

menjadikan kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang tidak terduga bagi tubuh. Ada berbagai manfaat minum air putih  hangat di pagi hari maupun di waktu apa saja ketimbang mengonsumsi minuman hangat manis lainnya.                                          
berikut ini adalah macam macam manfaat minum air putih  hangat yang perlu Anda ketahui.

1. Melancarkan Pernapasan

Saat sedang tertidur pulas di malam hari, tentunya Anda tidak akan mengetahui gangguan yang terjadi. Misalnya, ada gangguan pada pernapasan, yaitu hidung dirasuki debu dan bakteri. Nah, maka tak heran jika kebanyakan orang bangun tidur sering mengalami gangguan pernapasan atau flu sementara yang kadang menyebabkan bersin-bersin. Nuntuk mengatasi hal itu, kalian bisa mengonsumsi air hangat untuk mengusir debu serta sumbatan lendir yang menggumpal di rongga hidung ataupun tenggorokan.

2. Melancarkan Pencernaan

Saat bangun tidur, seluruh organ di dalam tubuh baru saja istirahat dan akan mulai bekerja, termasuk sistem pencernaan. Mungkin Anda sudah mengetahui, bahwa buang air besar pada pagi hari akan sangat baik bagi tubuh. Sebab, sisa-sisa atau ampas makanan tidak sampai menumpuk yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Nah, untuk melancarkan pencernaan di pagi hari, usahakan mengonsumsi air hangat di pagi hari saat Anda baru bangun tidur.

3. Memberikan Kebugaran

Bukan hal yang aneh jika saat bangun tidur tubuh terasa pegal dan kadang nyeri. Hal tersebut dikarenakan otot-otot pada tubuh Anda kaku karena aktivitas yang melelahkan. Bahkan, juga bisa dikarenakan posisi tidur Anda yang tidak tepat. Maka, cara paling mudah untuk mengendurkannya kembali adalah dengan meminum air hangat di pagi hari. Setelah minum air hangat, disarankan untuk melakukan peregangan ringan seperti push up atau yang lainnya.

4. Membantu  menurunkan berat badan

Para Peneliti menunjukkan bahwa air hangat sangat baik untuk mendorong metabolisme tubuh. Mengonsumsi air hangat dengan tambahan perasan jeruk nipis setiap pagi terbukti dapat membantu mengurangi beberapa kilo berat badan dalam waktu 2 minggu, tergantung pola makan dan aktivitas olahraga yang dilakukan.

5. Menenangkan sistem syaraf dan melumasi tubuh

Manfaat minum air putih hangat juga berkaitan dengan sistem syaraf. Ketika sistem syaraf terkontrol dan sehat, maka tubuh akan semakin terhindar dari penyakit dan kecenderungan gelisah akan berkurang.

6. Tubuh Tetap Terhidrasi

Tidak berbeda jauh antara manfaat minum air putih hangat dan air minum biasa, dan tentu saja fungsi air untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik.  Beberapa Peneliti mengungkapkan bahwa meminum air putih 2 liter dalam sehari sangat direkomendasikan untuk menjaga kinerja organ-organ tubuh. Di anjurkan mengawali hari dengan minum air hangat di pagi hari dan begitu juga sebelum tidur. Karena selama tidur organ tetap bekerja dan memerlukan air sebagai pelumas.

7. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Mandi air hangat membantu mengoptimalkan arteri dan nadi sehingga bisa mengalirkan darah lebih efektif ke seluruh tubuh. Begitu pula dengan manfaat minum air hangat. Sirkulasi darah yang sehat akan menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

8. Menurunkan tingkat stres

Karena manfaat  minum air putih  hangat dapat menenangkan sistem saraf, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak gelisah setelah menenggak air hangat. para Peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi susu hangat akan membuat suasana hati dan pikiran jadi lebih rileks.

9. Turunkan tingkat toksin

Minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh untuk sementara waktu dimana sistem endokrin akan diaktivitasi dan tubuh mulai berkeringat. Meskipun berkeringat terkesan tidak nyaman, mekanisme ini merupakan bagian penting untuk membuang toksin dan zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh.

 Nah teman teman bagaimana menurut kalian banyak bukan manfaat minum air putih bagi tubuh masi ragu ragu untuk mencukupi asupan cairan tubuh? Saya sarankan enggak sih yaa karena minum air putih itu sangat penting ! yaa cukup sekian informasi dari saya semoga bermanfaat yaa saya akhiri wassalamualaikum wr wb.

 


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar