Senin, 20 Mei 2019

Macam macam ikan hias aquarium

Posted by salsahhh on Senin, 20 Mei 2019

Ikan hias , siapa sih yang nggak tahu ikan hias . Ikan hias adalah hewan yang paling banyak dibudidayakan dan dipelihara di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jenis ikan hias air tawar.Menurut catatan KKP, terdapat lebih dari 1.100 jenis atau spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan di seluruh dunia.Dari jumlah tersebut, Indonesia memiliki 400 spesies diantaranya. Namun, hanya sekitar 90 spesies yang baru dapat dipelihara atau dibudidayakan oleh masyarakat.kali ini kita akan membahas macam macam ikan hias aquarium yang bisa di pelihara di rumah yukk langsung saja kita bahas

Macam macam ikan hias aquarium air tawar

1. Ikan hias air tawar discus



Ikan hias discus adalah ikan yang berasal dari sungai Amazon, ikan ini sangat di gemari oleh menikmat ikan hias. Ikan ini dijuluki raja ikan hias air tawar. Ikan disucus ini mempunyai tubuh yang sangat banyak varianya.
Bentuk ikan discus ini jika di lihat dari depan akan berbentuk pipih dan berbentuk bundar jika di lihat dari samping, ya kurang lebih seperti disk/cd kaset. Ukuran ikan discus bisa hanya mencapai 15-25 cm saja.
Harga ikan discus ini sangat bervariasi ikan ini dinilai dari warnanya dan ukuran, semakin bagus warna dan besar tubuhnya ikan ini semakin mahal. Saya tarif harganya mencapai Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 1.000.000

2. Ikan hias air tawar arwana


Ikan arwana adalah ikan asli dari indonesia, ikan ini berasal dari pedalaman Papua dan Kalimantan. Ikan yang di juluki sebagai ikan naga ini mempunyai 2 sungut di bawah bibirnya, sungut ini sangat berguna untuk mendekeksi mangsa, tidak heran kenapa arwana dujuluki ikan predator.
harga ikan arwana sendiri sangatlah mahal tergantung jenis ikan tersebut. Ikan ini biasanya dijual dengan menggunakan sertifkat, untuk dari jenis yang paling murah adalah ratusan ribu. Untuk termahalnya adalah jenis redblood yang bisa mencapai 60-80 jt untuk indukannya.tidak heran kan jika ikan arwana ini di juluki sebagai ikan hias air tawar termahal

3. Ikan hias air tawar cupang/betta fish


Ikan cupang ini adalah juga ikan asli Indonesia di alam bebas di sungai, untuk di negara lain banyak ditemukan di Thalinland, ikan ini tidak bisa dicampur kan bersamaan dengan sesama jenisnya. Karena iakn ini bersifat petarung.

Ikan Cupang memiliki banyak jenis, cuma kita sekarang hanya membedakan dari 2 petarung dan hias. Cupang hias di nilai dari siripnya yang besar dan berwarna-warni, untuk jenis petarung denga sirip yang kecil tetapi sangat kuat.

Ikan cupang ini mempuanyai harga yang sangat berbeda-beda mulai dari harga yang sangat murah hingga termahal pun ada pada ikan ini. Untuk harga termurah dari ikan ini bisa anda beli dengan harga Rp. 3000 saja. Tetapi untuk yang paling mahal biasanya cupang yang menang kontes dan memiliki sertifikat bisa mencapai belasan juta.

Ikan ini justru sangat damai jika di satukan dengan jenis ikan lain yang penting bukan sejenisnya ya.

 4. Ikan hias air tawar molly


Ikan molly . Ikan molly merupakan keluarga ikan kecil, molly mempunyai jenis yang sangat bervariasi, dan mempunyai warna-warna yang sangat indah tidak kalah denga ikan hias air tawar jenis lainya.
Ikan ini cendrung bersifat damai dengan ikan lain, malah jika di akuarimunmu terdapat ikan predator pasti ikan ini yang dimangsa. Si molly ini sangat bersahabat dengan ikan hias lainya yang bersifat bersahabat juga.
Jika kamu ingin memlihara ikan ini kamu tidak perlu untuk memyiapkan akuarium yang besar cukup ukuran sedang 40×40 cm itu sudah cukup. Tapi saya sarankan untuk di campur bersama ikan lain yang tidak bersifat pemangsa, pasti akan lebih indah dilihatnya.
Untuk ukuran pada ikan molly ini paling besarnya adalah 10 cm. Untuk membedakan jantan dan betina pada ikan ini adlaha dari segi ukuran badan, untuk jantan lebih kecil dan tubuhnya ramping. Untuk betina lebih besar dan kelihatan gendut.
Molly ini sangat mudah untuk berkembang biak dan dari segi makananpun tidak susah untuk dicari. Karena molly ini adalah omnivora dia memakan segala jenis pakan mulai dari pelet, cacing rambut dan lumut atau tumbuh-tumbuhan.

5. Ikan hias air tawar Blackghost


Ini adalah ikan hias air tawar yang paling saya suka, karena ini ini sangant unik, blackghost ini adalah ikan hias air tawar yang berasal dari padalaman sungai Amazon dan Suriname, hewan ini juga nocturnal. Berkeliaran hanya di malam hari, jika di siang hari anda melihat ikan ini sangat pemalu jangan heran.
Hal unik dari ikan ini adalah dia bisa berenang mundur dan gerakannya yang tidak bisa dilakukan ikan lain. Bahkan  ikan ini dijuluki sebagai “ikan penari”, dikarenakan dia yang mempunyai sirip yang menggelambir dibawahnya dan tubuh yang sangat lentur.

Untuk makanan terbaik dari ikan blackghost ini adalah jentik nyamuk, cacing kering, cacing rambut, pelet sebenarnya juga bagus. Ikan ini mudah di pelihara hanya tinggal memberikan tempat untuk dia bersembunyi. Kamu boleh memelihara ikan ini di dalam atau di luar rumah.

Ikan blackghost bisa di bandrol dengan harga sesuai ukuranya, semakin besar semakin mahal. Rata-rata untuk ikan blackghost Rp. 10.000-Rp. 200.000, perekornya.

6. Ikan hias air guppy


Ikan  guppy , ikan guppy merupakan ikan hias air tawar terkecil guppy ini sangat mirip dengan ikan cere. Untuk ukuran satu ekor guppy paling besar hanya mencapai 3 cm saja. Ikan ini banyak di temui di daerah Barnados, Triniad, Guyana Brasil, dan beberapa daerah di Asia.

Tetapi dari tubuh yang kecil iakn guppy mempunyai sirip di ekor utamanya yang bermacam-macam warnanya. Iakn guppy jantan dan betina sangatlah berbeda.

Cara membedaka jantan dan betina adalah dari tubuh dan ekornya. Sama halnya Seperti ikan molly untuk yang jantan ukuran tubuh lebih kecil dan lebih ramping dari betina, ekornyapun yang jantan lebih lebar dan indah. Betina sebaliknya badan gendut warna tidak secerah jantan, ekornya lebih kecil


ikan guppy sangat cocok untuk ikan hias aquascape karena memiliki ukuran tubuh yang kecil. jenis ikan hias aquarium satu ini juga memiliki warna yang sangat cantik dan cocok untuk penghias aquarium anda. Harga ikan guppy yang murah meriah  juga menjadi salah satu alasan mengapa ikan ini banyak dipilih. Untuk harga jenis ikan hias aquarium satu ini mulai dari Rp 5.000- Rp 10.000 per ekor.

7. Ikan hias air tawar sapu-sapu hias


Ikan sapu sapu ikan sapu sapu adalah ikan yang hidup di sungai atau danau , Ikan sapu sapu memang  kelihatan ikan jorok dan kotor. Ikan sapu sapu juga ada jenis hiasnya mulai dari sapu-sapu albino. Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan yang damai juga, dia tidak memakan ikan lain. Karena ikan ini juga tidak memiliki gigi seperti ikan lainya. Ikan ini juga cocok untuk digabung bersamaan ikan hias  predator.
Ikan predator tau kalau sapu-sapu ini memliki kulit yang keras dan rasanya tidak enak. Ikan sapu dijuluki sebagai OBnya akuarium karena dari hobinya saja ikan ini menempel di kaca dan memakan lumut-lumut.
Ikan  sapu sapu  sebenarnya adalah omnivora, dia memakan segalanya spserti lumut, kutu air, bahkan jika ada bangkai ikan lain dia akan memakannya. Ikan sapu sapu  ini bisa sampai berukuran yang sangat besar, bisa mencapai panjang sekitar 60 cm, untuk ukuran akuarium ini sangat lah besar, tetapi tergantung jenisnya. Ikan ini bisa menjadi pelengkap ikan hisa do akuariumu.

8. Ikan Hias Butterfly Fish


Sebagaimana namanya, ikan hias laut butterfly fish memiliki corak bergaris dan warna yang mempesona layaknya kupu-kupu. Bentuk tubuh ikan hias air laut ini pipih, mulutnya monyong ke depan, sehingga sangat cocok dijadikan ikan hias air air laut di akuarium kamu.

9. Ikan hias air tawar Corydoras


Ikan ini bersal dari Amerika selatan, dan memiliki spesies yang cukup banyak lebih dari 140 spesies. Tempat tinggal ikan ini biasanya di temukan di sungai-sungai besar dan sungai kecil. Dia berada di dasar sungai karena dia memakan makanan yang ada di dasar pasir atau krikil.

10. Koi Jepang


 Dalam budaya Jepang, ikan koi dianggap sebagai makhluk yang mulia. Konon, menurut sejarah Jepang, ikan koi mampu berenang di air terjun besar dengan berani. Hal tersebut yang membuat salah satu ikan hias termahal ini dianggap sebagai simbol kesuksesan yang diawali dengan kerja keras. Meskipun ikan koi berukuran kecil bisa diperoleh dengan harga puluhan ribu rupiah saja, tetapi ikan koi yang besar dengan corak yang unik bisa dibandrol dengan harga jutaan rupiah. Sampai sampai , ada seekor ikan koi berwarna emas yang dihargai 28 milyar rupiah. Ukuran tangki untuk memelihara ikan koi minimal 1.000 galon. Ikan yang diklaim simbol hoki ini bisa hidup sampai 30 tahun.
masih ada banyak lagi jenis jenis ikan hias yang cantik di luaran sana yang belum saya tulis di artikel ini ,dan cukup segitu aja yaaa informasi tentang ikan hias aquarium yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi pembaca yaaa saya akhiri wassalamualaikum wr wb



Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar