Senin, 29 April 2019

Macam macam Tanaman Hias Dalam Rumah ?

Posted by salsahhh on Senin, 29 April 2019




Di zaman modern seperti ini Mempercantik interior rumah kini banyak dilakukan dengan cara memasuk kan tanaman hias dalam rumah kita  Sebetulnya, metode menyegarkan suasana ruangan seperti ini bukan hal yang baru.

Cara ini banyak di aplikasikan sebagai solusi keterbatasan ruang terutama dalam  hal memiliki halaman untuk bercocok tanam. Tetapi, gaya back to nature membuat cara klasik ini kembali menjadi trend di beberapa waktu lalu hingga sekarang ini.
Berbagai  jenis tanaman hias yang akan kita bahas di bawah ini bukan  hanya cocok ditempatkan di sudut ruangan Anda tapi juga menyimpan manfaat di balik pesonanya.
yukk langsung saja kita bahas tanaman seperti apa saja yang cocok untuk menghiasi rumah yaaa…

1.tanaman hias aglonema



Jika kamu sedang mencari ide tanaman hias dalam rumah, coba deh melirik yang namanya tanaman aglaonema atau Sri RejekiTanaman Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman dekoratif yang cantik, dengan variasi warna daun dari hijau pekat hingga keperak-perakan, dan semburat merah yang memikat.
Tanaman Aglaonema dapat  tumbuh dengan ukuran  mencapai 30 cm, terutama jika menggunakan tanah yang gembur.
Aglonema memiiki banyak jenis sebagai berikut yaitu :

1) Aglaonema Donna Carmen

2) Aglaonema Pride Of Sumatera

3) Aglaonema Adelia

4) Aglaonema Widuri

5) Aglaonema Tiara

6) Aglaonema Angela

7) Aglaonema Sexy Pink

 Cara merawat tanaman Aglaonema ini adalah dengan menempatkan pada daerah yang semi-panas dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Penyiraman harus dilakukan secara berkala dalam jumlah air sedang, bagaimana cantik dan mudah bukan cara merawat aglonema ini

2.tanaman hias daun merah



Terdapat begitu banyak jenis tanaman hias, namun salah satu jenis tanaman hias yang sangat indah adalah tanaman hias daun merah.
Warnanya yang terang mampu meningkatkan kesegaran, keindahan dan keceriaan rumah di dalam rumah.  Menjadikan penghuni rumah betah berlama-lama tinggal di dalam rumah.
Beberapa jenis tanaman hias berdaun merah mungkin sudah banyak di temui disekitar kita, namun ternyata masih terdapat banyak tanaman hias daun merah lainnya yang belum banyak dikenal, namun memiliki keindahan yang mempesona.ada beberapa jenis tanaman daun merah yang bisa kalian gunakan sebagai dekorsi rumah kali ini kita akan membahas tanaman daun merah yaitu tanaman kastuba
Kastuba atau yang lebih dikenal sebagai poinsettia. Tanaman yang kerap dikaitkan dengan suasana natal. Hal ini bukan tanpa alasan, kombinasi hijau daun dan merah pada bagian pucuk yang benar-benar menggambarkan suasana natal.tanaman ini sangat indah jika di pandang warnanya yang sangat mencolok mampu menghidupkan suasana rumah

3.tanaman Fuschia atau Kembang Anting-Anting




Bunga Fuchsia memiliki fisik yang unik sekaligus indah dengan aneka warna yang membeningkan mata dan menyejukkan hati yang memandangnya. Bunga ini sekilas seperti perhiasan anting-anting milik kaum hawa termasuk emak-emak seperti kita Makanya kalo di tanah air lebih ngetop dengan nama kembang anting-anting, jarang ada yang tau nama aslinya adalah Fuchsia. Mengpa bunga ini disebut kembang anting-anting ya.. nah ini ada kaitannya dengan posisi bunganya yang menggantung dari dahannya, mirip dengan anting-anting
Sebagai tanaman hias, tanaman dalam golongan ini relatif sulit untuk dipelihara. Fushia atau kembang anting anting ini bukan termasuk tanaman hias tahan panas ya teman teman karena tanaman ini  cocok untuk ditanam pada lingkungan yang sejuk dan membutuhkan banyak air.

4. Bunga Portulaca atau bunga pukul Sembilan



Tanaman bunga ini disebut dengan berbagai nama. Portulaka, Krokot, Bunga Pukul Sembilan, Cantik Manis, Sutera Bombay, hingga dengan nama latin  Portulaca grandiflora. Nama portulaka dan krokot merujuk pada nama genus bunga ini yakni Portulaca. Di Indonesia, tepatnya di jawa sendiri bunga ini kerap kali di sebut dengan nama kembang bedug  bedug sendiri dalam bahasa Indonesia artinya dhuhur nama itu di ambil karena bunga ini akan mekar jika terkena panas matahari yaitu mulai jam 9 sampai sore. berbagai jenis Portulaca disebut sebagai krokot. Sedang nama ‘bunga pukul sembilan’ dilekatkan kerena kebiasaan bunga ini yang mulai mekar pada sekitar pukul sembilan pagi, bunga ini merupakan tanaman hias gantung tahan panas dan cocok sebagai tanaman hias dalam rumah .
Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman asal Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia.

5. Tanaman Anggrek (Orchidaceae)



Bunga  anggrek ini bukan hal asing lagi bagi pecinta flora di Indonesia. Banyak sekali jenis Anggrek yang bisa dijadikan tanaman gantung dan memberikan nilai estetika tersendiri bersama dengan  milikmu.
Selain bentuknya yang indah dan benihnya yang mudah didapat, Anggrek sebagai tanaman gantung juga mempunyai khasiat anti-stres karena keindahan dan aromanya yang bisa memberikan efek relaksasi. Menggunakan Anggrek sebagai tanaman gantung juga dipercaya bisa mengurangi polusi udara. Selain itu, Anggrek bisa dijadikan bahan makanan dan tonik panjang usia, hingga mengobati berbagai penyakit seperti demam dan nyeri sendi.
Tidak sulit untuk merawat tanaman ini, yang penting kita harus tahu bagaimana tanaman anggrek ini bisa hidup.warna warni Anggrek sangat cantik apalagi jika di  gantung di halaman rumah maupun dalam rumah menanam anggrek sebagai tnaman hias dalam rumah akan membuat suasana rumah menjadi elegan juga sangaj sejuk

Buat kalian yang ingin praktis, Kania menyarankan untuk mencoba tanaman gantung. Ada Banyak sekali jenis tanaman hias atau bunga- bunga yang cocok untuk dijadikan tanaman gantung loh. Bayangkan saja , sejauh  mata memandang, warna-warni indah dan bau semerbak dari tanaman gantung sudah siap menyambut kedatangan kamu di rumah

6. Tomat Ceri



Tanaman hias buah satu ini adalah salah satu jenis tomat yang memiliki ukuran kecil seperti buah ceri. Tomat ceri tumbuh menjulur bersama dedaunan, makanya pot tanaman dipilih sebagai medium yang paling tepat untuk membudidayakan tanaman hias ini.
Tanaman tomat ceri juga bisa digunakan sebagai tanaman gantung  yang ditempatkan di sudut teras. Selain bisa dimasak, mengkonsumsi tomat ceri juga bisa memperkuat imunitas tubuhmu.jadi nggak ada ruginya menanam tomat cherry sebagai  tanaman hias dalam rumah yaa

7. Cabai Rainbow



Cabai warna warni  berasal dari Amerika Selatan. Ada yang bilang dari Brasil, meski ternyata nama aslinya: Bolivian Rainbow. Cabai jenis ini lebih lazim digunakan sebagai tanaman hias, dan memang laku dalam dunia online untuk kebutuhan tersebut. Kenapa tidak dikonsumsi, contohnya bagi teman makan gorengan?
 Cabai full colour , atau  sebut saja Bolivian rainbow sesuai nama aslinya, tingkat kepedasanya paling tinggi hanya 30.000 SHU.kalian Bandingkan  saja dengan cabai rawit hijau yang berada di pasaran, (SHU) 50,000–100,000. Maka dari itu Bolivian rainbow lebih banyak dipakai sebagai tanaman hias di banding dengan buah ataupun sebagai bumbu dapur .
Cabai rainbow mempunyai perubahan warna yang menarik dari muda ke tua. Perubahan warna inilah yang membuatnya disebut rainbow sebab dalam satu tanaman warna cabenya bisa berwarna-warni. Perubahannya ialah: ungu-kuning-oranye-merah
Warna-warna yang beragam dari buah yang cantik inilah yang menjadi alasan kenapa tanaman hias buahjuga  bisa digunakan untuk mempercantik halaman rumahmu. Lain dari itu tanaman hias buah juga bisa kamu manfaatkan saat buahnya sudah matang dan siap panen, kandungan zat yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan.

8.ernonia elliptica atau Tanaman Janda Merana




Beberda dengan tanaman merambat lainyaa, Vernonia elliptica—dikenal dengan nama tanaman janda merana atau tanaman Lee Kwan Yew adalah jenis tanaman merambat (curtain creeper) yang tumbuh menjuntai kebawah.
Jenis Tanaman hias  rambat  ini  juga cocok untuk bangunan tropis dengan menanamnya pada balkon dekorasi  atau kanopi atas dan membiarkannya tumbuh menjuntai kebawah dengan indah dan memberikan kesejukan pada hunian.

9. Golden Moneywort





Tanaman hias merambat Golden Moneywort adalah pilihan tanaman merambat tak berbunga lainnya yang memiliki warna hijau muda yang cerah dan menyejukkan. Tanaman ini memiliki sifat menjuntai dan cocok untuk ditanam di kanopi atau buatkan jaring jaringagar  jika sudah tumbuh daan merambat dapat berfungsi sebagai peneduh dari panas sinar matahari  . Tanaman merambat ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman gantung yang cantik untuk melengkapi elemen vegatasi pada hunianmu.

Itulah berbagai pilihan tanaman hiasdalam rumah yang bisa kamu pilih untuk memper indah interior rumah. Pilihlah jenis tanaman sesuai dengan media di mana tanaman hias ini akan kamu tanam. Perhatikan juga komposisi keseluruhan di rumah mu demikian info dari saya assalamualikum wr wb














Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar